Diagram Dua Sektor dan Penjelasannya



CIRCULAIR FLOW DIAGRAM PEREKONOMIAN DUA SEKTOR












Gambar diatas adalah sebuah gambar circulair flow diagram 2 sektor. Adapun keterangan dari gambar di atas adalah sebagai berikut :

Perusahaan atau Rumah Tangga produsen memiliki peran untuk menghasilkan barang dan jasa, untuk dapat menjalankan perannya tersebut yaitu membuat barang atau jasa maka perusahaan memerlukan faktor-faktor produksi berupa tanah, bangunan, berbagai bahan baku, tenaga kerja, modal usaha, dan kewirausahaan yang dapat di perolehnya dari  pemilik faktor produksi yaitu rumah tangga. Karena adanya ketergantungan perusahaan terhadap rumah tangga maka kedua perilaku ekonomi tersebut bertemu dalam pasar input atau pasar faktor-faktor produksi. Apabila perusahaan telah memakai atau menggunakan (mengonsumsi) faktor produksi yang dimiliki rumah tangga maka perusahaan berkewajiban memberikan balas jasa kepada rumah tangga. Balas jasa tersebut berupa sewa, upah atau gaji, bunga, laba.

Sebaliknya, rumah tangga sebagai makhluk hidup harus memenuhi kebutuhan hidupnya baik berupa barang ataupun jasa. Barang dan jasa dapat di peroleh rumah tangga dari perusahaan melalui pasar output atau barang dan jasa. Jadi, untuk memenuhi kebutuhannya, rumah tangga akan mengeluarkan (uang) pendapatan yang dimilikinya untuk membeli barang dan jasa yang dihasilkan oleh perusahaan. Dengan demikian perusahaan akan memperoleh pendapatan yang diperolehnya dari rumah tangga.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dingin Sepi